Biaya Pengiriman dari China ke Indonesia

tarif pengiriman barang dari china ke indonesia


Berapa Tarif Import Barang dari China ke Indonesia?


Seorang importir harus mampu mengkalkulasi biaya-biaya yang dikeluarkan dalam mendatangkan barang dari luar negri sampai ke alamat tujuan di Indonesia. Jangan sampai anda terkejut jika tidak menghitungnya lebih dulu begitu melihat invoice penagihan ketika barang akan dikirim kealamat anda, belum lagi biaya pajak yang harus dikeluarkan. Yang ada nanti dengan melambungnya biaya pengiriman dan lain-lain mengakibatkan ongkos yang dikeluarkan jadi lebih besar dibandingkan dengan harga barangnya itu sendiri sehingga barang jadi tidak bisa dijual karena rugi. 

Untuk masalah pajak kami tidak akan bahas disini karena kami berfokus untuk membahas biaya pengiriman dari China ke Indonesia dengan menggunakan jasa forwarder ekspedisi import borongan Door to Door Service. 

Apa itu Jasa Import Door to Door Service?

Cargo door to door atau yang biasa disebut dengan forwarder borongan adalah jasa pengiriman barang dari luar negri (khususnya China) ke Indonesia dimana biaya yang dikeluarkan oleh importir sudah ALL IN (harga cargo termasuk pengurusan bea cukai, pajak, custom, dan perizinan lainnya) sehingga dengan harga yang dibayarkan oleh customer, sudah terima bersih saja sampai di Indonesia.

Dengan menggunakan jasa ekspedisi import borongan, customer sudah tidak perlu repot atas izin-izin atau pengurusan dokumen lainnya karena itu semua sudah diurus oleh pihak forwarder. Customer hanya perlu memberikan dokumen berupa invoice dan packing list saja ke pihak forwarder. Selebihnya pihak forwarder yang bertanggung jawab dalam pengurusan barang tersebut dan akan menghubungi customer jika barangnya telah tiba di gudang forwarder.

Jika menggunakan jasa forwarder borongan, customer hanya perlu info ke supplier untuk mengirim barangnya ke alamat gudang forwarder di China. Pihak forwarder akan memberitahu mengenai alamat gudang mereka di China, contact person, dan juga marking code nya. 

Biasanya gudang forwarder berada di lokasi Guangzhou dan Yiwu. Bagaimana jika supplier lokasinya bukan dari kota Guangzhou maupun Yiwu? Solusinya adalah dengan menggunakan jasa pengiriman ekspedisi lokal di China untuk pengiriman ke gudang forwarder. 

Beberapa jasa ekspedisi local yang sering di gunakan oleh supplier di China diantara lainnya:

1. http://www.sf-express.com (Shuen Feng Express)
2. http://www.uce.cn (You Su Express)
3. http://www.yundaex.com (Yunda Express)
4. http://www.ttkdex.com (Tian Tian Express)
5. Xin For Express 
6. Xto Express
7. Lbex Express
dll


Setelah barang dikirim oleh supplier menggunakan ekspedisi local, customer akan diberikan nomor resi. Harap diinfo no resi tersebut ke pihak forwarder agar pihak forwarder dapat mengecek apakah barangnya sudah tiba di gudang apa belum.


cara kirim barang dari china
Contoh Nomor Resi Ekspedisi Local dari China

Supplier juga bisa saja mengirimkan barangnya sendiri ke gudang forwarder. Setelah barang dikirim, maka supir/pengirim akan diberikan surat tanda terima gudang oleh pihak forwarder sebagai bukti bahwa barang telah diterima oleh agent forwarder di China.


cara kirim paket dari china ke indonesia
Contoh bukti tanda terima gudang



MENGHITUNG ONGKOS KIRIM DARI TEMPAT SUPPLIER CHINA KE GUDANG FORWARDER CHINA

Dengan menggunakan ekspedisi local, customer harus memperhitungkan biaya nya berapa dari tempat supplier ke gudang forwarder. Kebanyakan supplier khususnya barang elektronik atau aksesoris, berlokasi di kota Shenzhen. Dari Shenzhen ke gudang forwarder di Guangzhou ibaratnya seperti Jakarta-Bandung jadi biayanya cukup murah. Namun jika posisi supplier berlokasi di Xian, Changsha dll ongkos kirim nya kemungkinan akan mahal karena jaraknya yang cukup jauh untuk ke gudang forwarder di Guangzhou.

ONGKOS KIRIM DARI PIHAK FORWARDER
Pengiriman barang menggunakan jasa forwarder ada 2. Dengan menggunakan jalur VIA UDARA dan VIA LAUT.

Tarif Biaya Import Barang dari China Pengiriman menggunakan VIA UDARA --> perhitungan per KG


Contoh :
Anda membeli barang B dengan jumlah 1000 pcs, kemudian dipackaging menggunakan cartoon dengan berat total 25 Kg dan akan dikirim melalu jalur udara, maka berapa rupiahkah biaya pengiriman yang anda keluarkan sampai barang tiba di Indonesia ?
Misal :
Anda menggunakan jasa forwarder dan berat total barang yang akan diimpor 25 Kg dengan biaya jasa ekspedisi dikenakan Rp. 100.000 / Kg
Biaya Jasa Impor yang anda keluarkan dari China ke Indonesia :
= 25 Kg x Rp. 100.000
= Rp. 2.500.000
Info : Jalur udara waktu normal barang sampai indonesia estimasi 7-14 hari kerja


Tarif Biaya Import dari China Pengiriman barang menggunakan VIA LAUT --> perhitungan per CBM/M3


Contoh :
Anda membeli barang A dengan jumlah 500 pcs, kemudian dipackaging menggunakan cartoon sebanyak 1 buah dengan ukuran 60 x 60 x 50 (cm) yang akan dikirim melalu jalur laut, maka berapa CBM kah barang anda impor tersebut ?
Jawab :
Rumus menghitung volume barang :
= (P x L x T) : 1.000.000
= (60 x 60 x 50) : 1.000.000
= 180.000 : 1.000.000
= 0,18 CBM
Kemudian jumlah Volume diatas anda kalikan dengan harga jasa dari forwarder yang digunakan
Misal :
Anda menggunakan jasa forwarder dan mengimpor barang A dikenai biaya jasa ekspedisi 3.000.000 / CBM
Biaya Jasa Impor yang anda keluarkan dari China ke Indonesia :
= 0,18 CBM x 3.000.000
= Rp. 540.000
Info : Jalur laut waktu normal barang sampai indonesia 1 bulan

Bagaimana cara memilih jalur yang tepat dalam mengimpor barang? 
Jawabannya adalah: Tergantung dari kebutuhan dan budget yang anda miliki.

Jika anda mengimpor barang untuk kebutuhan pribadi, jumlah barang sedikit maka lebih efisien menggunakan jalur udara agar biaya lebih murah dan cepat sampai.

Jika anda melakukan pengiriman barang dalam jumlah besar alangkah lebih baiknya pengiriman menggunakan jalur laut untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Namun jika anda memiliki budget lebih dan butuh urgent barangnya, akan lebih baik jika pengiriman barang menggunakan via udara.

Sekian informasi dari Xing Lie Cargo mengenai estimasi biaya pengiriman barang dari China ke Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami 





Lebih baru Lebih lama