Tips Mendapatkan Biaya Ekspedisi Murah dalam Import Barang | By XING LIE CARGO




Import barang dari China menggunakan jasa ekspedisi import borongan memang mudah. Anda tidak perlu lagi mengurus rumitnya dokumen-dokumen karena jika menggunakan jasa ekspedisi import borongan, pihak forwarder hanya membutuhkan beberapa dokumen pendukung saja seperti Invoice dan Packing List. Namun, harapnya di pertimbangkan juga beberapa faktor penunjang di bawah ini agar anda dapat meminimalisasi biaya ongkir pengiriman.


Tips Menggunakan Jasa Ekspedisi China - Indonesia:


1. Mengirim barang dengan alamat tujuan yang sama sekaligus
Jika anda memiliki barang berbeda namun kategori sama, sebaiknya dijadikan satu saja dalam sekali pengiriman. Misalnya anda ingin mengirim baju, sepatu, tas lebih baik dikirim sekalian dalam satu box. Selain lebih praktis, biaya yang dikeluarkan untuk jasa ekspedisi nya juga murah.

2. Harap perhatikan dimensi dus / volume (jika menggunakan pengiriman via udara)
Barang dengan dimensi yang lebih besar dibandingkan dengan berat barang itu sendiri, mengakibatkan ongkir semakin tinggi karena biasanya ekspedisi akan men charge barang sesuai dengan standart international. Sebaiknya supplier harus memperhatikan pengemasan agar barang tidak terkena volume sehingga ongkos kirim tidak melambung tinggi.

3. Estimasi pengiriman
Jika anda menginginkan pengiriman barang yang murah, pilih lah estimasi standart. Terkadang pengiriman setiap forwarder memiliki jalur yang berbeda-beda. Untuk pengiriman barang murah biasanya bisa menggunakan via laut atau udara transit (non direct ke Jakarta) namun estimasi pasti lebih lama dibandingkan dengan jalur direct. Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda jika ada kebutuhan pengiriman barang yang tidak mendesak / tidak urgent sehingga anda dapat menghemat biaya ekspedisi.

4. Metode pengiriman
Pilihlah metode pengiriman barang yang efisien sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda mengimpor barang dalam jumlah banyak, agar menghemat ongkos pengiriman lebih baik menggunakan pengiriman barang via laut dibandingkan dengan via udara karena harganya akan jauh lebih murah.

5. Hindari Tax Refund
Meskipun tidak semua supplier yang menggunakan kebijakan ini, namun beberapa supplier di China terkadang meminta agent forwarder untuk mengurus tax refund sehingga mereka mendapat pengembalian pajak atas barang yang telah berhasil terjual. Hal ini menyebabkan anda sebagai pihak customer juga harus menanggung biaya pembuatan document tax refund diluar dari biaya jasa ekspedisi dan proses ini juga memakan waktu lebih lama agar barang bisa loading. Oleh karena itu, jika ada supplier yang ingin melakukan tax refund, anda dapat melakukan negoisasi dengan mereka agar mereka memberikan keringanan dengan tidak memberlakukan tax refund atas pengiriman barang anda. 
Penjelasan mengenai Tax Refund lebih lanjut dan bagaimana cara mengatasi nya bisa di klik disini

Berikut adalah tips-tips dan trik dalam menggunakan ekspedisi import borongan dengan harga murah. Semoga informasi ini bisa bermanfaat. Silahkan hubungi kami juga jika anda membutuhkan jasa ekspedisi import borongan :)





For Testimonial, Updates, Warehouse:
FACEBOOK || INSTAGRAM || TWITTER || 
Email: info@xingliecargo.com




Lebih baru Lebih lama