Rabu, 12 Juni 2019

PANDUAN LENGKAP MENJADI IMPORTIR BARANG CHINA



Untuk para pemula import yang membutuhkan panduan mencoba usaha dengan mendatangkan barang dari luar negri ke Indonesia pertama kali mungkin masih bingung dan memiliki beberapa kendala dalam mendatangkan barang dari luar. Minimnya informasi dan pengetahuan seputar import membuat anda kesulitan dalam mencoba import barang langsung, padahal jika anda tahu garis besarnya mengimport barang dari luar negri sangat mudah dilakukan.

Melalui artikel ini Xing Lie Cargo akan memberikan gambaran mengenai cara import barang dari China tanpa perlu mengeluarkan uang untuk seminar atau workshop mahal karena semuanya sudah dikupas tuntas gratis disini.

Banyak orang yang ingin mencoba memulai bisnis import barang sendiri dari luar negri karena beberapa faktor seperti:
1.     Susah dapat untung besar jika mengandalkan menjadi reseller karena margin yang di dapat sudah ditakar (sekitar 5-20% saja)
2.     Ingin mencoba peruntungan jika import sendiri sehingga dapat menentukan sesuka kita berapa untung yang ingin didapatkan.
3.     Memiliki modal yang cukup.
4.     Memiliki ide barang yang ingin dijual dan mengetahui potensi barang tersebut cukup besar karena belum ada kompetitor.
5.     Mencoba ikut trend pasar menjual barang musiman / yang sedang laku di pasaran.

Namun seringkali ekspektasi tidak sesuai harapan 😥. Terdapat begitu banyak kendala yang muncul pada saat anda ingin melakukan proses import untuk pertama kali yaitu antara lain:
1.     Kebingungan mencari supplier yang aman dan tidak tipu-tipu.
2.     Jika import barang dalam jumlah banyak harus sewa Gudang dulu untuk barangnya.
3.     Merasa jika import butuh modal besar.
4.     Ribet dengan urusan bea cukai.
5.     Belum ada izin import.

Dengan banyak nya kendala-kendala tersebut, membuat anda bergabung dengan komunitas importir. Anda akan membayar uang seminar atau bahkan ikut langsung pergi ke China membeli barang yang ingin anda jual di Indonesia dengan membayar biaya yang cukup besar.

Sebenarnya, anda tidak perlu membayar biaya seminar atau pun pergi langsung ke negri China jika anda mengetahui inti sari proses import. Berikut ini trik dan solusi mengimport barang untuk pemula import:
1.     MENCARI SUPPLIER YANG AMAN DAN TERPERCAYA
Di zaman yang sudah berkembang ini, jika anda ingin menghemat biaya anda tidak perlu pergi ke negri China untuk berbelanja langsung. Anda dapat memanfaatkan marketplace China seperti Alibaba, Aliexpress untuk transaksi membeli barang.

Bagaimana jika suppliernya menipu?
Tidak bisa dipungkiri, berbelanja secara online memang beresiko. Resiko barang tidak dikirim jika anda bertransaksi dengan seller yang nakal. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan cara mengajukan Trade Insurance di aplikasi Alibaba atau Aliexpress. Selain itu, penting jika anda memiliki supplier dengan reputasi yang baik yang biasanya ditandai dengan Gold Verified.

2.     UNTUK IMPORT TIDAK PERLU DALAM JUMLAH BANYAK
Jika anda ingin trial atau mencoba import, dengan modal ratusan ribu saja anda sudah bisa mendatangkan barang dari luar negri ke Indonesia sehingga anda tidak perlu modal besar dalam memulai import.

3.     RIBET BERURUSAN DENGAN BEA CUKAI
Untuk pembelian $50 anda tidak dikenakan pajak jika barang dikirim langsung ke Indonesia. Namun bagaimana jika nominal invoice anda lebih besar dari $50? Anda bisa langsung menggunakan jasa forwarder saja sehingga anda tidak perlu berurusan dengan bea cukai lagi.

4.     TIDAK PERLU SEWA GUDANG UNTUK IMPORT DALAM JUMLAH BANYAK
Jika anda mengimport barang dalam jumlah banyak, barang yang telah anda beli langsung anda kirim ke Gudang forwarder saja di China sehingga anda tidak perlu lagi membayar sewa Gudang.

5.     BELUM MEMPUNYAI IZIN IMPORT
Siapa bilang anda akan kesulitan import jika belum punya izin? Anda bisa mengimport barang tanpa harus memiliki dokumen atau pun izin import dengan menggunakan jasa forwarder.

6.     KESULITAN BERTRANSAKSI KE SUPPLIER
Transaksi ke supplier anda di China sangat mudah tanpa perlu Paypal, kartu kredit dll. Anda cukup menggunakan jasa titip tranfer saja dimana anda membayar dalam rupiah, namun bukti tranfer dapat diberikan ke anda dalam konversi mata uang China.

Dari point-point yang telah disebutkan diatas banyak disebutkan mengenai JASAFORWARDER. Apa itu jasa forwarder? Jasa forwarder adalah jasa pengiriman barang yang membantu anda mengimport barang dari luar negri ke Indonesia. Dengan menggunakan jasa forwarder ini, segala masalah anda bisa teratasi. Pengurusan pajak, bea cukai, custom sudah diurus langsung oleh pihak forwarder. Jangan khawatir jika anda belum mempunyai izin import karena dengan menggunakan jasa ini, istilah nya anda sudah meminjam bendera perusahaan tersebut sehingga proses pengurusan dokumen juga sudah diatur oleh pihak cargo. Yang dibutuhkan oleh perusahaan forwarder hanya beberapa dokumen seperti: Invoice (Nota Pembelian) dan Packing List. Pihak forwarder juga membutuhkan dokumen tambahan seperti MSDS dan HSCODE (khusus untuk import Kimia/Chemical).

INVOICE: Nota pembelian atau yang biasa disebut sebagai struk / bon pembelian anda. Invoice ini berisikan informasi mengenai barang anda, harga per unit, total harga pembelian. Jika menggunakan jasa forwarder, barang tidak perlu di undervalue juga tidak masalah.

Contoh Invoice


PACKING LIST: Dokumen yang berisikan informasi mengenai jenis barang, berat, dimensi dus, packing an dll.

Contoh Packing List


(Khusus untuk import kimia):
MSDS (Material Safety Data Sheet) : Dokumen yang berisi informasi mengenai potensi bahaya (kesehatan, kebakaran, reaktivitas, lingkungan) dan bagaimana bekerja dengan aman dengan produk kimia.

HSCODE (Harmonized System): Daftar penggolongan barang yang dibuat secara sistematis dengan tujuan mempermudah penarifan, transaksi perdagangan, pengangkutan, statistic yang telah diperbaiki dari sistem klasifikasi sebelumnya.

Secara garis besar untuk import barang yang dibutuhkan hanya 2 elemen saja:
1.     Mencari supplier terpercaya
2.     Mencari forwarder terpercaya

Tips mencari supplier China terpercaya sudah dijelaskan, sedangkan tips untuk mencari forwarder terpercaya sangat mudah. Jangan teriming-iming dengan harga yang murah namun nanti anda diharuskan membayar sejumlah uang lagi setelah barang tiba di Indonesia. Forwarder yang baik juga tidak menerima pembayaran di muka (Down Payment). Tagihan pembayaran akan diberikan pihak forwarder setelah barang sampai.

Tips untuk pemula import yang mencari jasa forwarder yaitu dengan mencari forwarder yang fair. Seringkali terdapat selisih antara tagihan kg / kubikasi pihak forwarder dengan informasi yang anda dapatkan di packing list. Jika anda merasa terdapat selisih yang lumayan jauh, pihak forwarder seharusnya tidak keberatan untuk mengukur ulang timbangan atau kubikasi dan di fotokan ke anda sebagai bukti.

Forwarder yang terpercaya juga memiliki kantor yang dapat anda kunjungi, fast response, dan mau menerima konsultasi import secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Mereka bersedia membantu and ajika anda masih kebingungan dalam melakukan proses pengiriman barang.

Tarif Jasa forwarder atau jasa pengiriman barang import yang anda bayarkan sudah meliputi:
-       Pengurusan pajak, cukai, custom
-       Form E, document lain-lain
-       Sudah termasuk asuransi jika barang tertahan / hilang
-       Memiliki garansi
-       Stuffing, Warehousing, Loading

Jasa forwarder memiliki 2 macam tarif yaitu tarif pengiriman via udara dan via laut. Via udara dihitung per kilogram (kg) sedangkan via laut dihitung berdasarkan per kubikasi (M3).
Untuk yang belum paham seputar M3/ Kubikasi / CBM, cara menghitungnya yaitu ukur dimensi dus anda Panjang x Lebar x Tinggi lalu dibagi 1.000.000 sesuai standart internasional maka anda bisa mengetahui berapa kubikasi barang anda.

Jalur udara cocok digunakan untuk anda yang mengimport barang dalam jumlah sedikit atau membutuhkan waktu yang cepat karena estimasi barang sampai menggunakan via udara hanya 5-7 hari kerja.

Jalur laut cocok digunakan untuk anda yang mengimport barang dalam jumlah banyak sehingga biaya atau shipping cost yang anda keluarkan lebih murah. Namun estimasi pengiriman barang jika menggunakan via laut membutuhkan waktu sekitar 4-5 minggu.

Untuk pengiriman via laut terdiri dari 2 macam LCL dan FCL.
LCL (less container load) : Pengiriman barang dimana dalam 1 container yang digabung. Jadi dalam 1 kontainer tersebut barang barangnya dimiliki oleh owner yang berbeda-beda.

FCL (full container load): Pengiriman barang dimana dalam 1 container tersebut barangnya semua dimiliki oleh 1 pemilik saja. FCL dilakukan oleh importir besar atau pedagang grosiran. Jika menggunakan full container anda bisa memilih  ukuran container untuk mengimport dalam 20 feet atau 40 feet.
20” berisikan 28 kubik
40” berisikan 68 kubik

Jika anda mengimport dalam jumlah banyak namun belum memenuhi kuota full container, anda dapat mengimport barang menggunakan LCL.

Anda tidak perlu khawatir lagi jika menggunakan jasa forwarder karena pengiriman barang aman. Forwarder yang terpercaya akan bertanggung jawab dalam bekerja sama dengan anda. Mereka akan menolak jika barang yang anda ingin import tidak bisa dikerjakan oleh pihak forwarder (tidak sembarangan mengiyakan terima barang dan tidak menerima pengiriman barang import yang melanggar hukum).

Segala resiko barang tertahan atau barang hilang sepenuhnya ditanggung oleh pihak forwarder anda hanya menunggu barang tersebut tiba di Gudang forwarder lalu anda membayar tarif jasa dan barang akan dikirim ke tempat anda.

Prosedur menggunakan jasa forwarder:
1.     Anda bertanya dan nego ke pihak forwarder terlebih dahulu mengenai tarif biaya (udara / laut).
2.     Jika harga sudah deal, pihak forwarder akan mengirimkan anda alamat Gudang forwarder di China beserta kode marking.
3.     Anda meminta supplier kirim barang ke Gudang forwarder.
4.     Barang yang sudah diterima pihak forwarder akan diatur loading
5.     Anda menunggu barang anda tiba di Indonesia
6.     Pihak forwarder akan menghubungi anda jika barang sudah sampai
7.     Anda melunasi tagihan
8.     Barang akan dikirim ke tempat anda

Semudah itu proses mengimport barang jika anda ingin menjadi importir barang China. Bagaimana jika anda kesulitan bertransaksi ke seller? Anda dapat mentranfer ke supplier China anda melalui bantuan jasa forwarder yang menyediakan jasa titip tranfer. Anda tranfer dalam rupiah, bukti tranfer diberikan ke anda dalam bentuk mata uang China. Prosesnya biasanya memakan waktu 1 x 24 jam. Langkah-langkahnya:
1.     Invoice yang diberikan oleh supplier minta dalam mata uang CNY (jangan usd)
2.     Di dalam invoice juga sudah tertera informasi mengenai akun bank China
3.     Jasa titip tranfer akan memberikan rate pada hari itu
4.     Jika anda setuju transaksi anda akan diproses
5.     Dalam 1 x 24 jam uang akan masuk ke supplier China dan pihak jasa titip tranfer akan memberikan bukti tranfer ke anda. Bukti transfer bisa dilihat disini ratusan transaksi sudah berhasil bersama kami! https://jasatransferyuan.blogspot.com/

Semudah itu dalam menjadi importir barang China. Dengan pengetahuan yang cukup anda tidak perlu lagi membayar seminar mahal atau workshop. Yang anda butuhkan adalah mencari supplier saja dan jasa forwarder yang bisa anda percaya.  Butuh jasa forwarder terpercaya silahkan hubungi Xing Lie Cargo. Jika ada pertanyaan bisa bertanya dikolom komentar di bawah ini :)


For Testimonial, Updates, Warehouse:
FACEBOOK || INSTAGRAM || TWITTER || 

Contact Us:
Website: www.xingliecargo.com
Email: info@xingliecargo.com
Instagram: @xingliecargo

Whatsapp & Phone: 
08777-308-1112 
Review, our warehousing etc: http://jasaforwarder1688.wordpress.com

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. saya mau beli mesin seharga 7600 usd . tapi saya belum percaya pada suppliernya . apakah pihat jasaforwarder bisa membantu apakah supplier itu bisa di percaya.. dengan barang kira 250cm×100cm×150cm berapa biaya pengiriman nya. terima kasih

    BalasHapus
  3. hi barangnya berapa kg ya? bisa coba di whatsapp ke 087773081112

    BalasHapus