Dampak Virus Corona Terhadap Import Barang China dari Sudut Pandang Pihak Forwarder

Melalui artikel ini, Xinglie Cargo akan membahas mengenai dampak virus corona (covid19) terhadap import barang China berdasarkan sudut pandang jasa penyedia pengiriman barang import dari China ke Indonesia.



Dampak virus Corona mengakibatkan perekonomian di China melemah. Meskipun virus Corona pusatnya di Wuhan, kota-kota lain pun di China terkena imbasnya. Kebanyakan importir mengambil barang import dari supplier di Guangzhou, Shenzhen, Yiwu dll. Kota-kota tersebut meskipun jauh dari penyebaran virus,tetap terkena imbas nya dimana pemerintah di China melarang adanya aktivitas di seluruh China.

Wabah virus corona ini heboh pada saat beberapa hari menjelang Imlek. Libur tahun baru Imlek yang seharusnya menjadi momen bahagia bagi para penduduk China kembali ke kampung halaman mereka untuk bertemu dan berkumpul dengan sanak saudara malah menimbulkan kecemasan dan menggemparkan dunia atas musibah ini.

Libur China menjelang Imlek yang ditetapkan oleh perusahaan dan pabrik berbeda-beda. Untuk gudang forwarder Xing Lie Cargo libur dimulai tanggal 19 Januari dan buka kembali tanggal 2 Februari 2020. Barang yang sudah tiba di gudang kami sebelum tanggal 19 Januari, kami bisa bantu loading sehingga tidak perlu menunggu setelah libur baru di loading. Barang yang tidak keburu di loading, akan di simpan di gudang kami terlebih dahulu sampai China beroperasi kembali tanggal 2 Februari. Namun, karena adanya musibah ini gudang forwarder di perpanjang liburnya. Akibatnya barang tertimbun lama di gudang selama hampir 1 bulan. 😭

Selama di masa-masa itu di bulan Februari, pemerintah China melarang para warganya untuk kembali bekerja sampai situasi nya membaik. Orang-orang yang sedang pulang kampung, untuk balik ke tempat kerjanya pun kesulitan akses. Kemana-mana orang China diwajibkan menggunakan masker, supermarket hanya buka setengah hari. Setelah Imlek, beberapa supplier tidak dapat kembali beraktivitas. Namun Xing Lie Cargo tau ada beberapa pabrik yang tetap bekerja dan produksi namun secara diam-diam. Mereka memproduksi barang mereka dari rumah dan tetap menerima pesanan (berdasarkan info dari importir) 😀

Memasuki pertengahan sampai akhir Februari, mulai lah titik terang. Pengiriman sudah mulai kembali berjalan meskipun belum normal. Pihak supplier juga sudah mulai beroperasi pabrik dan kantornya.

Pemerintah mewajibkan seluruh warganya untuk tetap menggunakan masker. Para kurir pengantaran barang, sopir dll diwajibkan menggunakan masker dalam bekerja. Selain itu, adanya peraturan baru dimana setiap barang yang masuk di gudang China dan barang yang mau keluar dari China harus disemprot cairan pembunuh kuman (disinfectant).



Secara tidak langsung, pengiriman barang dari China menjadi sedikit lebih ketat. Sebelum barang disemprot cairan pembunuh kuman, bea cukai juga akan mengecek satu per satu jenis kiriman anda, mengecek barang-barang anda. Pemerintah juga memberlakukan peraturan baru untuk melarang pengiriman barang-barang kategori tertentu misalnya larangan export masker, sarung tangan dll keluar negara China untuk sementara waktu. Oleh karena itu, terdapat beberapa jenis barang yang kita tidak terima dulu untuk sementara demi keamanan customer Xing Lie Cargo. Sebelum pengiriman barang, mohon diinfo terlebih dahulu mau masuk barang apa. Akan lebih baik lagi jika diinfo foto barangnya. Karena kita mau memastikan terlebih dahulu dan sebelum kita menyanggupi pengiriman barang anda sehingga tidak merugikan kedua belah pihak.
Kita akan menerima kiriman barang anda jika memang kita bisa kerjakan. Namun kita juga akan menolak kiriman barang anda jika kita tidak mampu kerjakan. Barang yang sudah kami sanggupi untuk terima, kami akan bertanggung jawab sepenuhnya atas pengiriman barang anda.

Bagaimana jika barang sudah terlanjur dikirim ke gudang Xing Lie Cargo sebelum libur Imlek tapi karena insiden ini jadi tidak bisa dijalankan?
Jangan khawatir, kita juga bertanggung jawab untuk membantu pengiriman barang balik ke supplier. Kita juga bisa membantu untuk mengirimkan barang ke tempat lain yang ingin dituju. Asalkan kasih alamat lengkapnya, nanti kita bantu kirim balik menggunakan ekspedisi local dan resi bisa kita berikan ke customer.

Sehubungan dengan adanya virus corona ini, kita belum bisa berani bilang pengiriman barang lancar. Memang pengiriman bisa saja lancar, barang sesuai dengan estimasi namun tidak menutup kemungkinan jika pengiriman akan terdapat delay atau keterlambatan.

Dengan adanya virus ini, dari sisi supplier China otomatis mereka merugi karena export mereka turun drastis. Yang harusnya setelah Imlek semangat baru, kerja lebih giat lagi tapi dengan amat sangat terpaksa mereka harus meliburkan diri akibat situasi yang kurang kondusif.

Dalam kesempatan kali ini, Xing Lie Cargo akan membahas pertanyaan yang sering muncul semenjak adanya virus Corona.
Ask: Pengiriman barang sudah bisa jalan belum?
XLC: Sudah. Pengiriman udara dan laut sudah bisa terima

Ask: Semua barang udah bisa?
XLC: Sekarang ga semua barang bisa terima. Mohon diinfo terlebih dahulu kiriman barang anda agar kami bisa pastikan apakah bisa kerja atau tidak

Ask: Pengiriman sudah lancar belum?
XLC: Lancar tidak lancar tergantung kondisi di lapangan. Sebelum sikon masih belum berbalik normal, kita minta estimasi lebih untuk jaga-jaga jika terjadi keterlambatan

Ask: Barang dari China sampai sini bisa kena virus gak tuh?
XLC: Tidak. Karena sebelum barang kluar China akan di semprot cairan pembunuh kuman. Lagipula virus corona hanya akan bertahan / hidup dalam 2 hari. Sedangkan pengiriman barang menggunakan jasa forwarder pastinya lebih dari 2 hari. So, dont worry :)

Ask: Yakin bisa jalan gak nih kondisi lagi gini?
XLC: Yakin lah.. kita juga gak mau terima resiko. Kalau memang ga bisa, kita ga mau terima juga. Buat apa terima barang kalau ujung-ujungnya bermasalah ya kan..

Ask: Ada jaminan barang bisa keluar gak?
XLC: Ada kok. Harga yang kita tawarkan sudah termasuk asuransi dan kita akan bertanggung jawab penuh dalam proses pengeluaran barang anda.

Adanya virus ini jelas berdampak banget terhadap kegiatan export dan import. Pihak China rugi karena tidak bisa berjualan, tidak bisa produksi, tidak bisa berdagang. Sedangkan di sisi pihak importir juga merugi karena mereka tidak dapat import barang dari China, sedangkan stock mereka menipis atau sudah kosong disini sehingga mereka tidak dapat berjualan. Semoga saja wabah virus corona ini akan segera berakhir sehingga masing-masing individu bisa kembali bekerja dengan normal. Stay safe everyone! Jaga kesehatan dan kebersihan.


Salam,


Xing Lie Cargo
Your best import solution~


FACEBOOK || INSTAGRAM || TWITTER || 
Contact Us:
Whatsapp & Phone: 08777-308-1112
Email: info@xingliecargo.com


Lebih baru Lebih lama