Cara Kirim Barang dari China ke Indonesia - by Xing Lie Cargo

Cara Mengirim Barang dari China ke Indonesia


cara import barang dari china



Kemajuan di era internet yang cukup pesat di era sekarang ini membuat kita menjadi konsumtif dalam berbelanja khususnya berbelanja dari portal luar. Begitu banyak website atau marketplace dari luar negri yang menyediakan barang yang tidak tersedia di Indonesia dengan harga yang murah juga dibandingkan dengan jika kita membeli melalui online shop atau pun melalui Jastip. 

Namun seringkali sebagai konsumen, terkadang masih mengalami kendala dalam berbelanja dari luar negri khususnya masalah pengiriman. Berikut ini berbagai kendala yang sering dihadapi jika melakukan import / beli barang dari luar negri khususnya China:

  • Takut barang tidak sampai
  • Takut barang hilang / tercecer
  • Takut bayar pajak yang mahal
  • Takut barang tertahan di bea cukai
  • Takut barang tidak sesuai dengan orderan

Kali ini, kita akan membahas cara pengiriman barang dari luar negri khususnya China ke Indonesia dalam berbelanja online. 



1.  Pengiriman menggunakan airmail atau pos
Barang yang telah anda beli dari China bisa anda kirimkan langsung melalui pos-pos yang tersedia seperti DHL, Fedex, TNT, dll. Pengiriman menggunakan via ini akan lebih baik apabila anda hanya membeli barang dalam jumlah kecil atau hanya berupa sample saja karena apabila anda membeli dalam jumlah banyak, kemungkinan besar barang anda tidak akan lolos di beacukai sehingga anda kesulitan untuk menerima paket tersebut ke rumah anda.

2. Pengiriman menggunakan bantuan  jasa cargo/ jasa forwarder / jasa ekspedisi import borongan
Apabila pesanan barang anda cukup banyak, anda dapat menggunakan bantuan jasa cargo borongan untuk memudahkan anda dalam melakukan pengiriman. Banyak beberapa perusahaan-perusahaaan besar juga menggunakan metode ini karena dengan menggunakan jasa cargo borongan seperti ini, anda sudah tidak perlu repot akan pengurusan pajak, PPN, cukai dan lain-lain. Harga yang sudah diberikan sudah all in door-to-door service ke Jakarta.


Penggunaan jasa forwarder dapat dilakukan melalui 2 metode yaitu via laut dan via udara.
Via udara hitungan nya per kg. Biasa forwarder mematok minimal 5 kg saja untuk pengiriman barang dari China - Indo
Estimasi tiba sampai Indonesia: 5-7 hari kerja
Via udara cocok untuk pengiriman dalam jumlah sedikit / urgent (butuh cepat)

Via laut hitungan per kubikasi. Minimal 0.5 kubik untuk pengiriman barang dari China - Indo
Estimasi tiba sampai Indonesia: 4-5 minggu
Via laut cocok untuk pengiriman dalam jumlah banyak / partai karena lebih murah


Keuntungan menggunakan jasa forwarder / ekspedisi import borongan yaitu :

1. Aman
Barang yang telah sampai di gudang kami / gudang forwarder di China, akan kami urus mulai dari document, loading, stuffing dll. Customer hanya perlu menunggu barangnya sampai di Indonesia, lalu perwakilan forwarder kami di Indonesia akan mengontak anda jika barang sudah sampai di Indonesia.

2. Bebas dari resiko tertahan bea cukai
Barang yang masuk ke forwarder merupakan tanggung jawab forwarder dalam pengurusan dokument, billing, custom ke bea cukai. Customer tidak perlu mengeluarkan SIUP,NPWP dll jika menggunakan forwarder borongan / jasa ekspedisi import borongan. Kami hanya membutuhkan dokument berupa invoice dan packing list saja

3. Mencegah resiko kehilangan barang
Pihak forwarder akan mengganti barang yang hilang selama perjalanan jika barang hilang (syarat dan ketentuan berlaku)

4. Sistem Door to Door Service
Pihak forwarder akan mengirim barangnya sampai ke tempat tujuan customer di Jakarta.

Berikut adalah keuntungan jika menggunakan jasa forwarder import borongan door to door service jika anda melalukan import barang. Kami memberikan kemudahan dalam melakukan pengiriman barang agar barang yang anda beli dari luar negri akan dengan mudah, aman, dan cepat sampai ke Indonesia tanpa resiko tertahan di bea cukai. 


jasa cargo china ke indonesia

Lebih baru Lebih lama