Apakah Belanja di Aliexpress Aman? Berikut Tips & Trik Cara Kirim Barang dari Alibaba & Aliexpress Pasti Sampai ke Alamat Anda


Belanja di Aliexpress Aman Ga? Tips & Trik Cara Kirim Barang dari Aliexpress Pasti Sampai Ga Pake Nyangkut !




Aliexpress adalah salah satu perusahaan e-commerce terbesar di China yang dimiliki oleh grup Alibaba. Aliexpress berfungsi sebagai wadah bagi para penjual di China untuk menjual barang dagangan mereka ke customer.  Apapun dapat anda temukan melalui website ini. Aliexpress merupakan pasar online Alibaba yang ditujukkan untuk pembeli internasional dan Aliexpress mengizinkan pebisnis kecil di China untuk berjualan melalui portal ini ke pembeli di seluruh dunia.



Dengan semakin maraknya toko online / situs jualan online di era sekarang menjadikan kita sebagai customer timbulnya keresahan dalam melakukan transaksi secara online. Berikut ini keresahan yang seringkali dirasakan oleh pihak pembeli:
-       Apakah belanja di Aliexpress aman?
-       Bagaimana sistem keamanan di Aliexpress?
-       Apakah banyak seller nakal yang kemungkinan bisa menipu atau memberikan barang yang tidak sesuai?
-       Belanja di Aliexpress kena pajak ga?
-       Bagaimana cara mencari pengiriman barang yang aman dan jamin pasti sampai ke tangan kita jika belanja dari Aliexpress?
-       Bagaimana cara transaksi ke Aliexpress yang mudah?

Apapun yang ada di dunia ini, pasti ada resiko nya. Sama hal nya jika anda berbelanja online. Memang dengan adanya Aliexpress, anda tidak perlu buang ongkos lagi berbelanja harus ke China, hemat biaya dan bisa anda lakukan di rumah atau dimanapun anda berada. Namun, dengan adanya kemudahan seperti itu, anda juga kemungkinan memiliki resiko jika barang yang anda beli tidak sampai / tidak sesuai / kualitas tidak sebagus dengan yang anda lihat di iklan pedagang Aliexpress  dll.

Berikut ini cara meminimalkan resiko jika anda melakukan pembelian dari Aliexpress:

1.     Masalah Harga
Jika anda mendapati barang yang ingin anda beli harganya murah, ada 2 kemungkinan. Kemungkinan baiknya adalah anda bisa saja bertemu dengan supplier yang langsung dari pabriknya tanpa campur tangan pihak kedua, ketiga, dan seterusnya sehingga harga jual yang diberikan ke anda lebih murah.

Namun kemungkinan terjeleknya yaitu kemungkinan harga yang anda dapatkan murah karena kualitas barang yang ingin anda beli tidak bagus. FYI, di China, dalam 1 jenis barang tingkatan kualitas produk suatu barang (grade) nya berbeda-beda lho. Jangan heran jika 1 jenis barang tersebut harga yang ditawarkan oleh masing-masing seller berbeda-beda. Bisa saja anda mendapatkan barang murah karena ternyata barang yang anda beli kualitasnya jelek atau misalnya harusnya dengan harga yang anda bayar, anda mendapatkan produk original namun ketika barang anda terima, anda ditipu dimana barang yang anda beli merupakan barang palsu /KW.

2.     Masalah Pencarian Supplier yang Baik
Anda dapat meminimalkan resiko penipuan yang dilakukan oleh para seller di Aliexpress sebelum anda membeli barang. Caranya yaitu dengan meneliti terlebih dahulu feedback penjual dan rating penjual. Jangan teriming-iming harga murah, anda juga harus jeli dengan mengecek history penjual tersebut.

3.     Masalah Pembayaran
Sistem pembayaran di Aliexpress beraneka ragam. Namun jika anda tidak mengerti, tidak mau repot, anda dapat menggunakan jasa pembayaran melalui pihak ketiga dengan menggunakan jasa titip transfer RMB.

Apa itu jasa titip transfer RMB?
Jasa titip transfer RMB adalah cara pembayaran ke supplier Aliexpress yang dibantu oleh pihak ketiga dimana proses pembayaran yang anda lakukan menggunakan rupiah saja. Anda tidak perlu pusing jika anda belum memiliki akun pembayaran international ataupun kartu kredit.

Langkah-langkah pembayaran uang ke supplier di Aliexpress menggunakan jasa titip transfer RMB sangat mudah. Untuk prosedurnya secara lengkap anda bisa KLIK DISINI.
Namun harap diperhatikan, sebagai perantara jasa pembayaran pihak ketiga, peran jasa titip transfer RMB hanya membantu pengiriman uang saja, dan memastikan uang akan masuk ke supplier. Jika terjadi hal buruk seperti supplier yang anda sudah bayar, tidak mengirimkan barang ke anda, pihak ketiga ini tidak dapat bertanggung jawab.

Bagaimana cara memastikan agar dengan menggunakan jasa titip transfer RMB artinya uang sudah masuk?

Dengan menggunakan jasa titip transfer Xing Lie Cargo, kami akan selalu memberikan bukti transfer ke anda. Bukti transfer biasa akan dapat dalam tempo 1 x 24 jam setelah proses transaksi. Jika sudah ada bukti transfer, sudah pasti uang sudah masuk ke rekening supplier.

Apakah jasa titip transfer RMB Xing Lie Cargo dapat dipercaya? Bagaimana jika sudah transfer ke rekening XLC (Xing Lie Cargo) tapi supplier bilang uang belum masuk?
Seperti yang sudah dijelaskan, jika sudah ada bukti transfer berarti uang telah masuk ke rekening supplier. Xing Lie Cargo telah melakukan ratusan transaksi yang membantu mengirimkan uang ke supplier China dan dipercaya oleh para customer yang ingin mengirimkan uang ke supplier China mulai dari yang nominal nya kecil sampai ke nominal yang besar sekalipun. Jika anda masih ragu, KLIK DISINI untuk melihat bukti-bukti transfer para customer untuk transaksi kami yang lakukan.

4.     Belanja di Aliexpress kena Pajak ga?

Jawabannya adalah tergantung dari nominal pembelian anda. Jika pengiriman barang sekitar 50-100 usd, lalu anda mengirimkan barang melalui standart shipping Aliexpress, maka kemungkinan anda tidak dikenakan pajak. Namun jika pembelian barang anda melebihi 100 usd maka kemungkinan anda akan membayar sejumlah pajak sesuai dengan ketentuan tarif yang berlaku sesuai dengan jenis barang yang anda beli.

5.     Bagaimana Cara Pengiriman dari ALiexpress yang Aman dan Pasti Sampai ke Tujuan?
Jika anda melakukan pembelian satuan di Aliexpress, anda dapat menggunakan standart shipping Aliexpress atau pun menggunakan China Post yang biasanya beberapa seller juga memberikan free shipping ke Indonesia. Namun jika anda membeli grosiran dalam jumlah banyak, anda dapat mempertimbangkan menggunakan jasa forwarder dimana dengan menggunakan jasa forwarder ini anda sudah tidak perlu khawatir lagi dengan masalah barang tidak sampai / barang nyangkut di bea cukai / barang tertahan dll.

Apa Jasa Forwarder itu?

Jasa forwarder yaitu jasa pengiriman barang dimana harga yang ditawarkan sudah mencakup semuanya. Artinya harga tersebut sudah termasuk dengan pengurusan pajak, custom clearance, PPN, PPH, PPNBM, sudah termasuk dengan pengurusan perizinan import juga. Anda tidak perlu pusing lagi dengan masalah BPOM, SNI, izin postel dan lain sebagainya karena semuanya sudah diurus oleh forwarder. Anda tidak perlu takut barang tertahan bea cukai, tidak sampai, karena itu semua sudah menjadi tanggung jawab pihak forwarder. Biasanya harga yang ditawarkan juga sudah termasuk dengan Asuransi.

Jasa forwarder memiliki 2 macam opsi pengiriman.
1.     Jalur udara (air freight) dimana sistem perhitungannya berdasarkan kg
2.     Jalur laut (sea freight) dimana sistem perhitungannya berdasarkan dimensi atau volume terbagi menjadi 2 yaitu FCL dan FCL. Untuk perbedaan antara FCL dan LCL yang masih belum tau bisa dipelajari DISINI

Anda boleh mempertimbangkan menggunakan jasa forwarder jika anda melakukan pembelian dalam jumlah grosir an. Biasanya penggunaan jasa forwarder memiliki minimal. Jika anda melakukan pembelian dalam satuan, atau jumlah kecil kami menyarankan agar anda melakukan pengiriman langsung ke Indonesia sebab jika barang satuan (dibawah 5 kg), biaya yang anda keluarkan akan lebih mahal.

Minimal paling sedikit jika menggunakan jasa forwarder yaitu 5 kg. Bagaimana jika barang anda ada dibawah 5 kg apakah bisa menggunakan forwarder? Jawabannya adalah bisa.. Namun anda akan dikenakan minimal charge.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jasa forwarder adalah tidak semua barang bisa diterima oleh pihak forwarder. Anda harus memberikan terlebih dahulu jenis barang yang mau anda import, alangkah lebih baik jika anda sudah memiliki dokumen invoice dan packing list. Pihak forwarder akan mengecek terlebih dahulu apakah bisa menyanggupi menerima barang anda atau tidak.

Kelebihan dan kekurangan dalam menggunakan jasa forwarder dibandingkan dengan standart shipping Aliexpress yaitu:
1.     Masalah Pelacakan
Standart Shipping Aliexpress seperti DHL, Fedex, China Post dll memiliki sistem pelacakan barang yang langsung di update per hari nya. Sedangkan jasa forwarder, pihak penyedia forwarder yang memberikan update pengiriman anda. Terkadang pengiriman bisa lebih cepat ataupun lebih lama tergantung dengan kondisi lapangan pada saat itu. Oleh karena itu, penting untuk memilih JASA FORWARDER TERPERCAYA demi keamanan barang anda. Bayangkan jika anda salah memilih forwarder, yang tiba-tiba tidak dapat dihubungi, anda pun jadi bingung dengan kejelasan barang anda apabila barang belum anda terima. Cara memilih forwarder terpercaya bisa KLIK DISINI.

2.     Masalah Pengiriman
Pengiriman dengan standart shipping Aliexpress memang tergolong lebih murah dibandingkan dengan menggunakan jasa forwarder. Beberapa supplier terkadang juga menawarkan opsi Free Shipping. Namun, pihak supplier di Aliexpress tidak dapat menjamin dan bertanggung jawab jika seumpama barang anda tertahan atau nyangkut di bea cukai. Tugas akhir penjual di Aliexpress hanya sampai bertanggung jawab dalam melakukan pengiriman barang ke Indonesia. Selebihnya ditanggung oleh customer sehingga jika terjadi masalah di bea cukai, harus anda yang mengurusnya sendiri.

Jika anda melakukan pengiriman barang menggunakan jasa forwarder, kelebihannya adalah anda tidak perlu khawatir dengan masalah perizinan, belum ada izin import, masalah perpajakan dan bea cukai di Indonesia karena semuanya sudah ditanggung oleh penyedia forwarder. Dengan biaya yang anda bayarkan ke forwarder, anda hanya menunggu barang tiba di tempat tujuan anda. PIhak forwarder bertanggung jawab penuh dimulai dari barang tersebut sudah sampai di Gudang forwarder sampai pengurusan hingga barang tiba di Gudang forwarder yang di Jakarta-Indonesia. Namun pengiriman barang menggunakan jasa forwarder ada minimal. Jika kirim barang dalam jumlah sedikit, kurang efisien jika menggunakan jasa forwarder.

Pengiriman barang dengan standart shipping Aliexpress, penjual akan mengirim barang ke mitra pengiriman seperti DHL, Fedex, China Post dll. Sedangkan jika pengiriman barang dengan menggunakan jasa forwarder, anda harus tau dulu Gudang forwarder alamatnya dimana. Anda harus meminta alamat Gudang forwarder di China beserta contact person nya untuk supplier kirim barangnya kesana.

Cara kirim barang dari Alibaba, cara mencari supplier dari Alibaba juga sama seperti Aliexpress. Anda dapat membandingkan sendiri untuk mencari barang yang anda inginkan dari Alibaba atau Aliexpress dengan harga terendah.



Lebih baru Lebih lama