Bagaimana Menghitung CBM/Kubikasi?

Perhitungan barang menggunakan jasa forwarder via laut, dihitung berdasarkan kubikasi / m3 / cbm. 
Bagi yang pertama kali berencana import barang dari China menggunakan via laut, mungkin akan kebingungan bagaimana cara mengukurnya. Melalui artikel ini, Xing Lie Cargo akan memberikan gambaran mengenai cara hitung kubikasi jika anda ingin melakukan pengiriman via laut.

cara menghitung cbm


Note: Pengiriman barang untuk via laut akan lebih ekonomis jika anda import barang dalam jumlah banyak. Selain itu, alasan lain importir melakukan pengiriman barang laut yaitu apabila mereka ingin mengimport barang yang memiliki kubikasi yang besar seperti peralatan rumah tangga (misalnya rak-rak, lemari, piring, pajangan, botol, dll). Barang-barang seperti itu akan memakan volume karena ukurannya yang lumayan besar namun enteng/pengemasannya dalam dus yang cukup lebar sehingga jika anda mengimport barang tersebut menggunakan via udara, maka biaya yang akan timbul cukup mahal. Untuk perhitungan via udara yang dihitung berdasarkan kilogram, anda bisa baca di LINK INI.

Lihat ilustrasi di bawah ini untuk perhitungan kubikasi:
1 cbm itu berapa banyak
Cara Menghitung M3/Kubikasi/CBM


Tanya jawab seputar import dari China:


Bagaimana cara mengukur jumlah barang dalam 1 cbm??
Solusinya adalah:
Mintakan packing list ke supplier anda. Melalui packing list, informasi mengenai kubikasi sudah tertera di dokument tersebut.

Saya belum beli barangnya, supplier tidak bisa memberikan packing list, jadi gimana??
Anda pasti sudah tau mau import barang jumlahnya berapa. Anggap anda mau membeli baju sebanyak 500 pcs.. Lalu, minta tolong ke seller untuk menghitung estimasi berat /kg dan estimasi dimensi dus (p x l x t ) untuk 500 pcs baju. Setelah estimasi dimensi sudah ada, anda bisa menghitung estimasi kubikasi berdasarkan rumus diatas. 

Sekian artikel Xing Lie Cargo mengenai perhitungan kubikasi, ditunggu yah untuk artikel lainnya. Jika anda membutuhkan panduan import, jangan segan menghubungi ke CS melalui Whatsapp di 087773081112. Terima kasih dan semoga membantu!



For Testimonial, Updates, Warehouse:

Contact Us:
Whatsapp & Phone: 08777-308-1112 
Email: info@xingliecargo.com

Untuk yang mau nonton video nya bisa klik link youtube di bawah ini!
Lebih baru Lebih lama